MOST RECENT

|

Afdhal Berikan Modal Usaha Khusus Perempuan


Lhokseumawe [AER]. Binis kaum hawa tampaknya semakin menggeliat di Kota Lhokseumawe. Salah satunya dapat dilihat kegiatan bisnis di Koperasi Syariah, Baitul Qirat (BQ) Afdhal Lhokseumawe.
Mereka memberikan modal usaha khusus untuk kaum perempuan dan tidak meminta jaminan apapun dari nasabah yang diberikan pinjaman. “Itu kekhasan kita. Kita tidak meminta anggunan dari para nasabah. Namun, kita yakinkan benar mereka jujur dan akan mengembalikan pinjaman,” sebut Cut Eldinayanti, pimpinan lembaga keuangan mikro tersebut, Kamis (17/4)
Lebih jauh dia menyebutkan, usaha yang dirintisnya sejak sepuluh bulan lalu itu kini telah memiliki 1.800 orang nasabah. Pinjaman mereka nasabah tersebut diakuinya sangat bervariasi.
Icut, panggilan akrab perempuan berkacamata itu menyebutkan pihaknya mengorganisir kelompok untuk memberikan pinjaman modal usaha. “Kita organisir kelompok. Satu kelompok sampai 20 orang. Mereka bisa tentukan sendiri kelompoknya. Kita datangi kampung-kampung dan menjelaskan pinjaman yang kita berikan tidak memakai anggunan,” paparnya

Saat disinggung mengapa memberikan pinjaman khusus pada kaum perempuan, Icut mengatakan pertimbangan pihaknya bahwa kaum perempuan relatif jujur dalam mengembalikan pinjaman usaha. Dia mengaku, dari 1.800 orang nasabah, hanya 20 orang yang menunggak. “Tingkat pengembalian kita sampai 99 persen. Sebelum lebaran tingkat pengembalian kita pernah sampai 100 persen, ini luar biasa,” ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Syah Kuala Banda Aceh itu.

Dengan dibantu 27 orang stafnya, kini BQ Afdhal telah membuka cabang di Matang Geulumpang Dua, Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara. Direncanakan dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuka cabang di Kabupaten Bener Meriah dan Lhoksukon. “Saya yakin, kalau kita ikhlas mengembangkan bisnis ini, para perempuan Aceh yang memulai bisnis kecil-kecilan akan maju dan ekonominya lebih baik,” katanya.

Dia menargetkan akhir tahun 2008 mendatang, pihaknya mampu menarik 10.000 nasabah dari seluruh cabang usaha yang dimiliki oleh BQ Afdhal. “Kita target 10.000 nasabah akhir tahun ini. Semoga berhasil. Ya, dengan pola tanpa anggunan kita optimis ini dapat diterima masyarakat,” ujarnya. [Masriadi Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 20.21. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Afdhal Berikan Modal Usaha Khusus Perempuan"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added