MOST RECENT

|

Sabee Meusampe Masih Dalam Pengawasan Khusus



LHOKSUKON - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sabee Meusampe hingga kini masih berada dalam pengawasan khusus (DPK) Bank Indonesia (BI). Bank milik Pemkab Aceh Utara tersebut masih mengalami krisis modal karena dana tambahan modal sebesar Rp 3 miliar masih ‘nyangkut’ di Pemkab.

“Benar, uang itu belum masuk ke BPR. Masih dalam proses di Pemkab Aceh Utara,” kata Direktur Utama BPR Sabe Meusampe, Zakaria, kepada Serambi, Selasa (14/12).

Uang itu menurutnya, Lebih jauh dia menyebutkan, uang itu digunakan untuk kecukupan modal bank tersebut sehingga bisa keluar dari status DPK yang telah ditetapkan Bank Indonesia sejak sebelas bulan lalu.

“Setelah uang masuk ke BPR, baru kita urus persyaratan ke BI agar keluar dari DPK. Proses keluar dari DPK masih panjang,”ungkap Zakaria. Pasalnya, untuk keluar dari DPK, harus menunggu keputusan dari BI Pusat.

Sebelumnya, Ketua Komisi C, DPRK Aceh Utara, mendesak agar BPR melakukan restrukturisasi, pengembalian kredit macet, dan penyehatan BPR. Desakan itu disampaikan ketika menyetujui tambahan modal sebesar Rp 3 miliar. Menjawab desakan itu, Zakaria, mengaku sudah mengirimkan surat tertulis 6 Desember 2010 lalu ke DPRK Aceh Utara.

“Dalam surat itu saya sebutkan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk penyehatan bank, dan melakukan upaya penarikan kredit macet yang bersumber dari APBK 2007 sebesar 20 miliar. Semua desakan dewan itu sudah kita lakukan,” sebut Zakaria.

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya sudah berhasil menarik kredit macet sebesar Rp 2,7 miliar. “Sisanya akan kita upayakan terus. Perombakan struktur juga sedang kita lakukan. Kita harap, Februari 2010 BPR sudah keluar dari DPK, dan sudah bisa menghimpun dana pihak ketiga,” pungkas Zakaria.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPR Sabe Meusampe masuk dalam status DPK Bank Indonesia disebabkan kredit bank tersebut yang macet mencapai Rp 20 miliar. Bank itu dilarang menghimpun dana pihak ketiga sampai status bank itu keluar dari statusnay saat ini.(c46)

SUMBER > SERAMBINEWS.COM

Publis Oleh Dimas Sambo on 01.29. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Sabee Meusampe Masih Dalam Pengawasan Khusus"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added