MOST RECENT

|

Exxon Bersihkan Lahan Bermerkuri



Aceh Utara
LHOKSUKON -
ExxonMobil menyatakan akan membersihkan (clean up) seluruh lahan yang mengandung merkuri di Desa Hueng, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara. Hal dilakukan Exxon sebagai langkah untuk memenuhi permintaan Pemkab Utara yang disampaikan sebelumnya kepada mereka.

“Sudah ada tim yang melakukan itu. Sekarang, prosesnya sedang berjalan dan pembersihan itu akan dilakukan secara bertahap,” kata Kepala Bagian Humas ExxonMobil Area Operasi Aceh, Armia Ramli, kepada Serambi, di sela-sela peresmian rumah bantuan Hongkong Red Cross di Desa Kuta Geulumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Rabu (15/12).

Sementara Tim Prasada Pamona Limbah Industri (PPLI) Bogor, Jawa Barat, menurutnya, saat ini masih melakukan uji sample merkuri di laboratorium mereka. “Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI di Jakarta. Kita upayakan proses pembersihan itu sebaik mungkin,” ujar Armia.

Ditanya, kapan seluruh areal itu dapat dibersihkan, Armia tidak bisa memastikannya. “Karena, pembersihannya bertahap, sampai benar-benar bersih. Ini mekanismenya tergantung PPLI dan mereka tim yang kita tunjuk untuk melakukan pembersihan lahan itu secara merata,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PPLI mengambil sampel tanah di areal yang tercemar merkuri seluas 7,5 x 6 meter. Saat itu, DPRK Aceh Utara meminta ExxonMobil membersihkan seluruh areal bekas milik Exxon di Desa Hueng.(c46)

SUMBER > SERAMBINEWS.COM

Publis Oleh Dimas Sambo on 01.38. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Exxon Bersihkan Lahan Bermerkuri"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added