MOST RECENT

|

Dinas Koperasi Luncurkan Bank Padi


LHOKSUKON – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh Utara, Kamis (7/4/2011), meluncurkan program bank padi di Desa Paya Itek, Kecamatan Meurah Mulia. Kegiatan itu dilakukan berbarengan dengan peresmian mesin rice melling unit (RMU) pabrik padi di daerah tersebut.

Kadis Koperasi dan UKM Aceh Utara, M Nasir MP, kepada Serambinews.com, menyebutkan, pabrik padi itu dibangun dengan menggunakan dana otsus tahun 2010 sebesar Rp 423 juta, dengan kapasitas produksi mencapai 1,2 ton per jam.

“Pabrik ini sekaligus dijadikan bank padi yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Gaya Baru. Nanti, masyarakat bisa menyimpan padinya di pabrik ini. Ketika padi mahal, masyarakat bisa mengambil padinya kembali untuk dijual. Mekanismenya akan diatur lebih rinci oleh KUD. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani juga,” sebut M Nasir MP.

Ditambahkan, program bank padi tersebut merupakan satu-satunya di Kabupaten Aceh Utara. Direncanakan, ke depan, pihaknya bisa membangun bank padi di kecamatan lainnya.(masriadi sambo)
--
Editor: ibrahim ajie

Publis Oleh Dimas Sambo on 05.05. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Dinas Koperasi Luncurkan Bank Padi"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added