MOST RECENT

|

Kisah Multitalenta Mona


SENYUM gadis berkulit putih itu sumringah. Dia memberi salam sambil membungkukkan badan pada guru di kantor dewan guru MTsN 1 Nibong di Desa Dayah Nibong, Kecamatan Nibong, Aceh Utara, kemarin. Itulah Mona Santi (14). Dia salah satu pelajar yang berprestasi di sekolah itu. Sejak kecil, dara yang lahir di Desa Paya Terbang, Kecamatan Nibong, Aceh Utara itu gemar mempelajari ilmu agama Islam. Setelah menamatkan SD di kampungnya, anak keempat pasangan Kamaruzzaman dan Juwairiah itu memilih madrasah tsanawiyah sebagai tempat menimba ilmu.

“Kalau di sekolah umum, lebih banyak pendidikan umum. Makanya, saya lebih memilih madrasah tsanawiyah. Di sini, pendidikan agama lebih banyak ketimbang pendidikan umum,” ujar Mona. Sejak duduk di kelas satu, prestasi Mona terlihat menonjol. Dia gemar mencoba banyak bidang, baik seni dan olahraga. Buktinya, tahun 2009 Mona terpilih menjadi ketua tim bolavoli sekolah itu. Di tahun yang sama, Mona meraih juara satu lomba praktik shalat tingkat Aceh Utara.

Setahun kemudian, prestasinya pun menonjol, dia meraih juara satu lomba membaca surat pendek se-Aceh Utara. Mona juga meraih juara satu lomba membaca asmaul husna yang diselenggarakan Pemkab Aceh Utara tahun 2010. “Tahun 2010 saya bersama tim rebana sekolah juga meraih juara satu lomba rebana tingkat Aceh Utara,” rinci Mona Santi.

Di bidang akademik, Mona juga rutin meraih rangking satu di kelas. “Paling jelek rangking dua. Itu pun waktu di kelas satu,” terang Mona. Prestasi dara cilik ini terlihat beragam dari berbagai bidang. Prestasi itu menandakan Mona Santi adalah sosok dara multitalenta.

Lalu, apa cita-cita Mona? “Saya ingin menjadi guru mata pelajaran Agama Islam. Orang tua juga sangat mendukung. Setelah tamat dari tsanawiyah, saya mau lanjut ke aliyah. Lalu ke sekolah tinggi agama Islam,” terang Mona sambil tersenyum. Usai sekolah, Mona mengaji di Balai Pengajian Babul Ula di kampungnya. Dia juga membantu orang tua bertani dan menjaga adik-adiknya. Cita-cita gadis ini terus melambung. Niatnya mulia yaitu ingin menjadi guru dan mengajarkan pengetahuan agama Islam pada generasi mendatang. Semoga! * masriadi sambo

Publis Oleh Dimas Sambo on 21.48. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Kisah Multitalenta Mona"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added