MOST RECENT

|

Guru Pecinta Seni

AZIZAH sedang duduk di bangku guru piket SMAN 1 Matangkuli di Desa Blang, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Jumat (4/5). Dia berdiskusi ringan dengan sejumlah guru piket lainnya di sekolah itu. Ibu dua anak tersebut merupakan salah seorang guru berprestasi di sekolah itu.  Wanita gemar menyanyi ini dipercaya unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Disdikpora Aceh Utara sebagai pelatih seni untuk guru sekolah dasar (SD) di kecamatan tersebut tahun 2007 lalu.


Tugasnya melatih para guru teknis dasar tari dan teknik dasar paduan suara. Sehingga, diharapkan seluruh guru seni tingkat SD di kecamatan tersebut bisa menjadi pelatih untuk sekolahnya masing-masing.

Lalu, setiap menjelang peringatan HUT RI, Azizah dipercaya sebagai pelatih untuk paduan suara pada upacara HUT RI tingkat kecamatan itu. Tidak hanya disitu, dia juga melatih tari tradisional di sekolah tersebut. Lalu, khusus untuk even Gita Bahana Nusantara, Azizah juga didaulat menjadi pelatih khusus paduan suara lagu-lagu kebangsaan tersebut. “Setiap lomba Gita Bahana Nusantara, kami selalu menang untuk tingkat Kabupaten Aceh Utara. Namun, untuk tingkat provinsi kami belum beruntung. Kelompok yang beruntung akan menyanyikan lagu kebangsaan pada puncak HUT RI di Istana Negara Jakarta,” terang Azizah

Sehari-hari Azizah mengajar pelajaran biologi di sekolah tersebut. Lalu, apa kesulitan sebagai pelatih paduan suara? “Susah mencocokan cengkok suara anak-anak. Umumnya, kami butuh waktu sebulan agar suara mereka terbentuk dan menyatu dengan suara teman-temannya dalam paduan suara tersebut. Selebihnya, tinggal meningkatkan kuwalitas vocal saja,” ujar wanita yang gemar menyanyi ini.

Secara akademik, wanita ini terbilang beruntung. Pasalnya, setelah menyelesaikan pendidikan DIII biologi FKIP Unsyiah, 1989 dia sempat bekerja setahun sebagai guru honor di SMA tersebut. Lalu, pada tahun 1990 dia diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di sekolah yang sama hingga kini. “Alhamdulillah, tidak sempat honor berlama-lama langsung diangkat menjadi PNS. Dari dulu sampai sekarang saya berbakti di sini, mengajarkan apa yang saya ketahui pada anak-anak, semoga mereka kelak menjadi orang yang sukses,” pungkasnya sambil tersenyum. (masriadi sambo)

siapa azizah?
Nama : Azizah
Lahir : Matangkuli/ 24 Februari 1969
Alamat : Desa Ude, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara
Orangtua : H Muhammad Yunus Yusuf/Hj Hanisah
Prestasi :
-          Pelatih evan seni Gita Bahana Nusantara 2009-sekarang
-          Pelatih paduan suara Kecamatan Matangkuli 2010
-          Pelatih tari tradisional SMAN1 Matangkuli 2010-sekarang
-          Tutor seni guru SD Kecamatan Matangkuli 2007

Publis Oleh Dimas Sambo on 05.10. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added