MOST RECENT

|

20 Ribu Warga Aceh Utara Tak Punya KTP

Aceh Utara, acehmagazine.com
Sedikitnya 20 ribu masyarakat di Aceh Utara belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) nasional. Padahal, pembuatan KTP nasional di kabupaten itu sudah berlangsung lama. Hal itu diakui Kepala Badan Catatan Sipil Aceh Utara, T Banta Ali. “Ya, masih banyak penduduk yang belum memiliki KTP nasional. Padahal itu sangat penting dan prosesnya sudah lama kita lakukan,” sebutnya kepada acehmagazine.com, Selasa (29/4).Untuk itu, kata Banta, pihaknya melakukan pemotretan ulang untuk warga di 27 Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Kata dia, proses pengambilan foto masyarakat itu dilakukan sejak kemarin hingga 27 Juni mendatang.

Kata dia, pihaknya mempercepat pembuatan KTP masyarakat itu guna bisa memberikan hak pilih dalam Pemilihan Umum, yang direncanakan April 2009 mendatang. “KTP syarat dicatat sebagai pemilih. Kalau kita tidak cepat, bisa kehilangan hak untuk memilih masyarakat di Aceh Utara,” sebut T Banta lagi.

Lebih jauh Banta menyebutkan dalam dua hari ini pihaknya sudah melakukan pemotretan secara missal di Kecamatan Muara Batu, Sawang, Dewantara dan Kecamatan Nisam. “Di empat kecamatan itu saja ada 1400 orang warga yang belum memiliki KTP,” ungkapnya.

Umumnya pembuatan KTP batu ini didominasi remaja yang menginjak usia 17 tahun. Kata dia pembuatan KTP Nasional itu tidak dipungut biaya sepeserpun. Bagi yang belum memiliki KTP dan tidak sempat difoto oleh pihaknya di kecamatan masing-masing dia menghimbau untuk membuat di kantor badan tersebut.
“Bagi warga yang memiliki KTP ganda diharapkan segera melapor ke pihaknya. Kepemilikan KTP ganda bisa dikenakan tindakan Pidana dengan hukuman minimal dua tahun penjara dan denda Rp 25 juta, hal ini tertulis dalam Undang-undang Republik Indonesia tahun 2006 no 23 pasal 97 tentang Administrasi Kependudukan,” paparnya. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 22.07. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "20 Ribu Warga Aceh Utara Tak Punya KTP"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added