MOST RECENT

|

Tenaga Kerja Demo Rekanan PIM


Aceh Utara, acehmagazine.com

Ratusan pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja (SP) PT Ima Meukat Raya (IMARA) berdemo di depan pintu masuk PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krueng Geukuh Aceh Utara, Rabu (23/4). Mereka menuntut kenaikan upah dari manajemen perusahaan yang menjadi rekanan perusahaan pupuk raksasa di Aceh Utara itu.M Nasir, ketua SP IMARA menyebutkan, aksi itu dilakukan setelah manajemen PT Ima Meukat Raya tidak memenuhi tuntutan para pekerja yang meminta kenaikan upah dari Rp 1.300.000 menjadi Rp 2 juta.


“Tuntutan ini wajar. Para pekerja sudah mengabdikan diri keperusahaan itu selama 20 tahun lebih dan untuk mengimbangi semakin tingginya harga bahan pokok di pasaran,” sebut M.Nasir sekaligus koordinator aksi tersebut.


Dia menyebutkan, aksi itu untuk menuntut hak asasi bukan untuk memperkaya diri para pengurus serikat pekerja perusahaan itu. Kata Nasir, mereka telah menemui manajemen PT. Ima Meukat Raya berkali-kali. Namun, hanya dilakukan penambahan gaji sebesar Rp 178.000 dari gaji masing-masing karyawan.


Kata dia, sebelum tuntutan mereka dipenuhi, mereka akan melakukan mogok bekerja di perusahaan pupuk satu-satunya yang beroperasi di Aceh Utara itu. Dia menegaskan, aksi itu sudah diberitahukan ke Polres Lhokseumawe dengan tembusan surat ke Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.


Sementara itu, Manager PT Ima Meukat Raya, Fikli Bombang yang dihubungi melalui telepon mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan karyawan beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu disepakati kenaikan gaji sebesar Rp 178.000. Dia menilai, upah karyawan sudah sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh sebesar Rp 1 juta. “Kita sudah tawarkan ke karyawan sebesar Rp. 1.500.000, namun mereka meminta lebih dan itu belum bisa dipenuhi, karena kondisi perusahaan sampai saat ini belum berproduksi,” ujar Fikli.


Dalam aksi itu terlihat puluhan spanduk dan poster digelar para pendemo. Satpam perusahaan juga tampak berjaga-jaga di lokasi tersebut. PT. Ima Meukat Raya adalah perusahaan rekanan PT. PIM untuk mendistribusi karyawan ke perusahaan pupuk itu. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 04.54. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Tenaga Kerja Demo Rekanan PIM"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added