MOST RECENT

|

Aceh Utara Kembangkan Tanaman Kedelai


Lhokseumawe, acehmagazine.com
Pascaruntuhnya bendungan Krueng Pase, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, beberapa waktu lalu, membuat pemerintah mencari alternatif lain. Ratusan hektar sawah yang terlantar di daerah itu akan ditanami kedelai, sebagai pengganti padi selama dua musim masa tanam. Bupati Aceh Utara, Ilyas A.Hamid, Senin (12/5) ketika mengunjungi daerah itu menyebutkan penanaman kedelai itu untuk mengantisipasi krisis pangan di daerahnya.

“Tanam kedelai merupakan pengalaman kita yang baru pertama kalinya di Aceh Utara. Tetapi saya yakin kalau kesungguhan masyarakat dan kemajuan teknologi dapat menghasilkan kedelai yang baik di Aceh Utara,” katanya.

Oleh karena itu, sebut Ilyas A Hamid, perlu penyuluhan dan pendampingan pada masyarakat di sana. “Sambil bendungan yang sedang dalam perbaikan darurat sekarang, Pemkab telah mengambil kebijakan untuk mengembangkan Kedelai, kita dapat bantuan APBN sekitar 8000 hektar dan APBK sekitar 500 hektar. Jadi di Aceh Utara akan direalisasi sekitar 8.500 hektar,” ujar Ilyas A.Hamid, di sela-sela pananaman perdana Kedelai di Desa Ujong Baroh, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Aceh Utara, M Abbas menyebutkan program penanaman kedelai itu juga untuk percepatan peningkatan produksi kedelai. Kata dia, pemerintah pusat melalui Departemen Pertanian telah mengalokasikan bantuan benih untuk Kabupaten Aceh Utara yang bersumber dari APBN, melalui Cadangan Benih Nasional (CBN), Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU), Upsus, APBN murni. “Kemitraan pelaksanaan meliputi tiga periode tanam yaitu Maret sampai April, Juni smapai Juli, dan Oktober sampai dengan November 2008,” terangnya.

Sedang bantuan banih kedelai yang bersumber dari APBN tersebut, terbagi atas CBN sebanyak 1.000 hektar masa tanamnya Maret sampai April, BLBU, 2.000 Hektar masa tanam Maret/April, Upsus, 2.000 hektar masa tanam Juni sampai Juli, APBN murni sekitar 1.000 hektar yang masa tanamnya Juni sampai Juli, dan kemitraan yang masa tanamnya Oktober sampai dengan November ada sekitar 2.000 hektar. “Realisasi penyaluran sudah kita lakukan sekitar 1.280,75 hektar, meliputi 17 Kecamatan, dan 62 desa di Aceh Utara,” kata dia. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 04.42. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Aceh Utara Kembangkan Tanaman Kedelai"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added