MOST RECENT

|

Kantor Dewan Aceh Utara Didemo

Lhokseumawe, acehmagazine.com
Ribuan masyarakat di wilayah timur Kabupaten Aceh Utara melakukan aksi unjukrasa di depan kantor DPRK Aceh Utara, Selasa (13/5). Kedatangan mereka kali ini menuntut kejelasan pemindahan pusat adimintrasi kabupaten tersebut ke Lhoksukon.



Selain itu mereka juga meminta agar Pemerintah Aceh Utara mengamankan aset daerah itu. jikapun dijual, harus dilakukan lelang kepada masyarakat umum. “Hasilnya akan digunakan untuk per percepatan pembangunan ibu kota kabupaten di Lhoksukon,” sebut Teungku Zainal Abidin salah seorang orator dalam aksi tersebut.

Para pendemo juga meminta agar tidak ada elemen masyarakat di Aceh Utara yang mengobok-obok APBK Aceh Utara tahun ini. Mereka berharap dengan APBK 2008 dapat dilakukan pembangunan yang menyeluruh di Aceh Utara.

Menjawab tuntutan pendemo, Asisten III Aceh Utara, Iskandar Nasri, menyebutkan bahwa pemindahan ibu kota kabupaten ke Lhoksukon akan segera dilakukan. “Dan sekarang sedang dalam persiapan. Namun akan dilakukan secara bertahap, karena masih minimnya fasilitas pendukung untuk dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di Lhoksukon,” sebut Iskandar Nasri. Terkait penjagaan aset daerah, Iskandar menyebutkan pihaknya terus menjaga aset kabupaten tersebut. Mereka memiliki database yang lengkap tentang aset daerah Aceh Utara yang hingga kini masih berada di Lhokseumawe.

“Tuntutan masyarakat ini akan segera kami sampaikan kepada pimpinan, pemindahan sedang dalam persiapan, sekarang sedang kita lakukan rehap kantor bantuan Exxon Mobil. Mungkin September kita akan mulai pemindahan secara bertahap,” ujar Iskandar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Zulkifli Hanafiah, bahwa pemindahan Ibu Kota Kabupaten Aceh Utara ke Lhoksukon merupakan aspirasi masyarakat yang harus dilakukan segera. Dan itu seperti yang tertuang dalam peraturan pemerintah PP, No 18/2003, tentang pemindahan Ibu Kota Kabupaten Aceh Utara ke Lhoksukon. “Dan itu akan membutuhkan jangka waktu yang sangat lama, mungkin 20 sampai 30 tahun,” katanya.

Amatan acehmagazine.com di para pendemo datang dengan menggunakan puluhan mobil truk dan kendaraan roda dua. Setelah mendengar jawaban dari anggota DPRK mereka membubarkan diri secara tertib [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 22.55. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Kantor Dewan Aceh Utara Didemo"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added