MOST RECENT

|

Bantuan untuk Korban Konflik Belum Jelas

Aceh Utara, acehmagazine.com
Bantuan untuk korban konflik dari Badan Reintegrasi Damai Aceh (BRDA) Aceh Utara untuk tahun 2008 ini belum dapat dipastikan. Pasalnya, alokasi jumlah penerima bantuan tersebut ditentukan oleh BRA Propinsi Aceh. Hal ini membuat masyarakat korban konflik harus menunggu lama. "Alokasi penerima bantuan untuk Aceh Utara tahun 2008 belum kita ketahui," sebut Nurdin Yasin, ketua BRA Aceh Utara, Rabu (14/5).



Nurdin menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan seluruh data korban konflik yang masuk ke kantornya BRA pusat di Banda Aceh. Data dari lembaga tersebut, BRA telah menyalurkan bantuan diyat untuk 2.955 orang korban konflik tahun 2006 lalu dan tahun 2007 sebanyak 3.223 orang. Sedangkan untuk cacat fisik dan jiwa, BRA Aceh Ut ara telah menyalurkan bantuan untuk 123 oran g jiwa tahun 2006 dan tahun 2007 sebanyak 156 jiwa.

Lalu, untuk rumah yang terbakar masa konflik yang berkepanjangan di Aceh, telah disalurkan sebanyak 387 rumah tahun 2006 dan tahun 2007 sebanyak 500 rumah. Untuk rumah korban konflik pemerintah melalui BRA memberikan alokasi dana sebesar Rp 35 jt per rumah sedangkan untuk korban cacat fisik dan jiwa diberikan bantuan sebesar Rp10 jt per oran g. Prosesnya ditarnsfer ke rekening penerima bantuan.

Jumlah yang telah menerima bantuan terbilang masih sedikit dibanding dengan jumlah yang belum menerima bantuan. Saat ini, sedikitnya 5.996 unit rumah untuk korban konflik belum mendapatkan bantuan dan 3.565 korban konflik untuk kategori cacat fisik dan jiwa juga belum mendapatkan bantuan.

Nurdin menyebutkan, apabila kuota untuk korban konflik Aceh Utara tahun 2008 telah ditentukan, maka pihaknya akan menyalurkan bantuan tersebut secepat mungkin. "Kalau sudah ada langsung kita transfer ke rekening penerima bantuan," ujarnya. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 22.57. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Bantuan untuk Korban Konflik Belum Jelas"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added