MOST RECENT

|

Bekas Pelajar Ikut Kerajinan Membatik


Lhokseumawe, acehmagazine.com
Dewan Kerjaninan Nasional (Dekranas) Kota Lhokseumawe mengembangkan kerajinan membatik di kota itu. Tidak tanggung-tanggung, untuk memberikan pemahaman membatik pada masyarakat Lhokseumawe, Dekranas mendatangkan pembatik yang berpengalaman, dari Sragen dan Solo.



“Kita minta agar Walikota mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dekranas ini,” sebut Sukmawati Munir, ketua Dekranas Lhokseumawe dalam penutupan pelatihan membatik di SMK Negeri 4 Lhokseumawe, Jum’at (4/5).

Dia menyebutkan, pelatihan yang berlangsung selama 20 hari itu diikuti oleh 20 peserta. Umumnya peserta itu diikuti oleh pelajar dan eks pelajar di Lhokseumawe yang memiliki sedikit kemampuan dibidang seni membatik. Sukmawati menyebutkan untuk pelatihan itu pihaknya telah mengeluarkan dana sebesar Rp 200 juta. “Para peserta pelatihan berhasil menunjukkan hasil yang baik dalam teknik membatik dan mampu menunjukkan kreativitasnya dalam waktu singkat dan artinya pelatihan ini sukses,” sebutnya.

Sebut dia, kendala teknis untuk melanjutkan produksi batik itu adalah kurangnya modal kerja dan bahan baku. Jenis batik yang dipelajari dalam pelatihan itu yaitu jenis batik cap dan printing.

Sementara itu, di tempat yang sama Walikota Lhokseumawe, Munir Usman, menyebutkan akan mendukung kegiatan batik tersebut. Bahkan, kata dia, membatik bisa dikembangkan menjadi home industri di Lhokseumawe.

“Untuk memajukan produk batik ini nantinya akan dibuat desain khusus batik khas Lhokseumawe, dan akan dipatenkan oleh Dekranas Kota Lhokseumawe,” ujar Munir Usman. Untuk langkah awal, sebutnya hasil pembatik Lhokseumawe itu akan dipasarkan di tingkat SD hingga SMA. “Biasanya untuk batik kita order dari luar Aceh. Sekarang kita order dari sini dengan SDM Lhokseumawe sendiri,” katanya bangga. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 05.34. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Bekas Pelajar Ikut Kerajinan Membatik"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added