MOST RECENT

|

Jerman Bangun Puskesmas Rp 14 Miliar

Lhoksukon, acehmagazine.com
Pemerintah Jerman membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Desa Kampung Baru, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (29/5). Selain itu Pemerintah Jerman juga membangun Puskesmas di Kecamatan Langkahan, Sp Keuramat dan rumah dinas dokter Puskesmas di Kecamatan Matangkuli.


Peletakkan batu pertama dilakukan di Puskesmas Lhoksukon. Dalam acara tersebut hadir Kapolres Persiapan Aceh Utara, AKBP Yosi Muhammartha, Assisten III Setdakab Aceh Utara, Drs. Iskandar Nasri dan Pimpinan Gitec Consult GMBH, Prof, Dr. Philip Stokoe.

Kepala Puskesmas Lhoksukon, Dr Lukman MN mengatakan Pemerintah Jerman melalui Gitec, memberikan alokasi dana sebesar Rp 14 miliar kepada Pemkab Aceh Utara, melalui Dinas Kesehatan, untuk pembangunan puskesmas serta penyediaan alat-alat secara klinis dan non klinis, juga pembuatan saluran limbah puskesmas. Ruang rawat jalan Puskesmas Lhoksukon akan dibangun dengan luas 36 x 15 meter.

“Saya sangat senang dengan program pemerintah Jerman yang peduli dengan kesehatan masyarakat Aceh, dengan memberikan bantuan dana dalam pembangunan puskesmas berstandar nasional. Saya berharap program seperti ini dapat terus berjalan di Wilayah NAD,” papar Lukman.

Pimpinan Gitec Consult GMBH, Prof. Dr. Philip Stokoe, menyatakan Pemerintah Jerman memberikan bantuan dana hibah pada Pemkab Aceh Utara, pada bidang pendidikan dan kesehatan. Pihak Gitec sendiri dipercayakan Pemerintah Jerman dalam menyalurkan dana pembangunan Puskesmas dan penyediaan alat-alat kesehatan baik secara klinis maupun non klinis di Aceh Utara sebesar Rp 14 miliar, sekaligus mengawasi jalannya proses pembangunan.

Philip menambahkan disetiap puskesmas yang akan dibangun, telah disediakan segala peralatan yang dibutuhkan tim Dokter dalam menangani pasiennya, termasuk ruang gawat darurat. “Saya berharap dalam waktu enam bulan proses pembangunan ruang rawat jalan Pusekesmas Lhoksukon dapat terselesaikan, sehingga ruang rawat jalan dapat segera dipergunakan,” ujarnya.

Sementara itu Direksi Utama, PT Andela Multi Guna, Zunaidi Yahya, sebagai kontraktor pelaksana pembangunan, mengatakan dalam pembangunan ruang rawat jalan Puskesmas Lhoksukon, pihaknya akan membutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk tahap penyelesaiannya. Sedangkan untuk secara keseluruhan pembangunan puskesmas di empat kecamatan Aceh Utara, akan terselesaikan dalam kurun waktu 32 bulan atau sekitar dua tahun lebih, karena disetiap Puskesmas juga akan disediakan saluran limbah. [M.Sambo]

Publis Oleh Dimas Sambo on 03.57. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Jerman Bangun Puskesmas Rp 14 Miliar"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added