MOST RECENT

|

APBK tak Biayai Penarikan Kapal Marisa


LHOKSUKON - Kalangan anggota DPRK Aceh Utara memastikan takkan menyuntik dana dari APBK setempat untuk biaya penarikan Kapal Marisa yang saat ini terdampar di Pulau Tuangku, Aceh Singkil. Pasalnya, biaya penarikan kapal tersebut mencapai puluhan juta rupiah, karena harus mendatangkan tug boat dari Singapura terlebih dulu.

“Tidak. Kita pastikan APBK tidak akan menyuntikkan dana untuk biaya penarikan Kapal Marisa. Karena, itu menelan biaya yang sangat besar,” kata Ketua Panitia Anggaran, DPRK Aceh Utara, Khaidir Abdurahman, kepada Serambi, kemarin.

Baru-baru ini, sebut Khaidiri, pihaknya bertemu dengan manajemen PT Bina Usaha Satu (PT BUS) yang mengelola Kapal Marisa. “Dalam perjanjian kontrak dengan penyewa, kita temukan bahwa bila kapal berada dalam kondisi yang tidak terduga, maka itu ditanggung penyewa. Jadi, tidak ada landasannya bagi kita mennganggarkan biaya penarikan kapal,” ungkapnya.

Kini, lanjut Khaidir, DPRK Aceh Utara telah menyurati eksekutif untuk mendata seluruh aset yang dikelola badan usaha milik daerah (BUMD). “Pendataan aset pemerintah yang dikelola BUMD, seperti PD Bina Usaha dan PT BUS sedang berlangsung. Setelah didata, kita cek apa masih utuh atau tidak. Nanti, baru kita ambil kebijakan untuk aset itu,” jelas politisi Partai Aceh itu.

Direktur PT BUS, M Diah, yang dihubungi terpisah menyebutkan ada tiga opsi yang sedang dikaji PT BUS dan PD Bina Usaha terkait nasib Kapal Marisa. “Opsinya apakah ditarik, dicincang, atau dijual. Tiga opsi ini sedang kita kaji. Kalau ditarik, butuh dana Rp 500 juta,” ujarnya.

Disebutkan, dalam Pasal 5 perjanjian PT BUS dengan penyewa, Samsuar asal Aceh Selatan disebutkan force mejer ditanggung penyewa. “Saat ini, penyewa yaitu Samsuar sedang sakit. Jadi, sulit kita berkomunikasi. Pastinya, kami terus berkonsultasi dengan pemegang saham yakni PD Bina Usaha sebagai perpanjangan tangan Pemkab Aceh Utara. Sampai saat ini, Kapal Marisa masih terdampar,” pungkas M Diah.(c46)

SUMBER > SERAMBINEWS.COM

Publis Oleh Dimas Sambo on 00.06. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "APBK tak Biayai Penarikan Kapal Marisa"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added