MOST RECENT

|

Puluhan Sapi Diserang Diare



LHOKSUKON - Puluhan sapi milik warga Desa Cot Petisah, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara sejak sebulan terakhir dilaporkan terkena penyakit diare. Akibatnya, pertumbuhan sapi di kawasan tersebut lambat. “Kami hanya beri obat seadanya yang kami beli di apotik. Tapi, sapinya belum sembuh-sembuh juga,” ujar Khairuddin (35), peternak setempat, kemarin.

Hal senada juga disampaikan M Yasin (32). Dia menduga, sapi itu terkena diare akibat banjir yang merendam kawasan itu beberapa waktu lalu. “Sekitar tiga minggu lalu desa kami dilanda banjir. Banyak rumput yang terendam banjir. Setelah kering, rumput ini dimakan oleh sapi. Mungkin, penyebab diare karena sapi memakan rumput bekas banjir,” jelas Yasin sembari menambahkan pihaknya khawatir jika dibiarkan sapi itu akan mati. Untuk itu, mereka berharap dinas terkait mencari solusi untuk penyembuhan sapi-sapi tersebut.

Kabid Peternakan,Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Utara, drh Saifuddin, meminta peternak melaporkan penyakit sapi itu kepada petugas kesehatan hewan di Kecamatan Seunuddon. “Jika mereka tak sanggup menanganinya, baru nanti dilaporkan kepada kami di Lhokseumawe. Nanti, kita carikan solusi terbaik,” pungkas Saifuddin.(c46)

Publis Oleh Dimas Sambo on 00.59. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Puluhan Sapi Diserang Diare"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added