MOST RECENT

|

Warga Pirak Timu Desak Pemerintah Bangun SMA


LHOKSUKON - Warga di Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara mendesak pemerintah setempat untuk membangun sekolah menengah atas (SMA) di kecamatan itu. Selama ini, anak-anak usia SMA dari kecamatan pedalaman itu, harus menempuh perjalanan hingga 20 kilometer untuk mencapai sekolanya di Kecamatan Paya Bakong atau Kecamatan Matang Kuli.

“Sejak negara ini merdeka, kami tidak pernah punya SMA atau SMK. Kami harap, tahun ini bisa dibangun SMA. Bahkan, sejak kecamatan ini dimekarkan dari Kecamatan Matang Kuli empat tahun lalu, belum juga ada SMA di sini,” sebut Ketua Asosiasi Geuchik Aceh Utara (Asgara) Kecamatan Pirak Timu, Abu Bakar, kepada Serambi, Sabtu (15/1) kemarin.

Dia menyebutkan, sebelumnya, sudah ada rencana pembangunan SMK di Desa Alue Bungkoh. Namun, belakangan batal, karena Pemerintah Aceh Utara urung membeli tanah masyarakat di daerah tersebut. “Janganlah kami ini dianaktirikan. Kecamatan pemekaran lainnya sudah ada SMA, masak kami dilupakan,” ujar Abu Bakar yang juga Kepala Desa Pucok Alue, Kecamatan Pirak Timu.

Hal senada disebutkan tokoh pemuda, Kecamatan Pirak Timu, Samsul Amar. Dia berharap, agar secepatnya sekolah tersebut bisa dibangun. “Kasihan anak-anak kami harus mendayung sepeda puluhan kilometer untuk melanjutkan pendidikan ke SMA,” keluh Samsul.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Aceh Utara, Kasma, dihubungi terpisah mengatakan belum bisa memberi keterangan tentang apakah sekolah itu sudah diusulkan pembangunannya, atau belum. “Saya ada acara keluarga, tidak bisa saya jawab sembarangan terkait pembangunan sekolah. Nanti, Kamis (20/1) baru bisa saya jawab, saya lihat data dulu di kantor,” pungkas Kasma singkat.(c46)

SUMBER> SERAMBINEWS.COM

Publis Oleh Dimas Sambo on 20.13. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Warga Pirak Timu Desak Pemerintah Bangun SMA"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added