MOST RECENT

|

Alumni Oisca Aceh Siapkan Relawan ke Jepang


LHOKSUKON - Pengurus Oisca Aceh menyiapkan lima relawan untuk diberangkatkan ke Jepang, guna membantu masyarakat Jepang yang terkena musibah gempa dan tsunami, 11 Maret 2011 lalu. Kelima relawan itu memiliki keahlian di bidang rekontruksi, sanitasi, dan air bersih.

Oisca Aceh didirikan oleh sejumlah warga Aceh yang pernah bergabung dengan lembaga kemanusiaan yang berpusat di Jepang yakni, Organization for Industrial and Cultural Advancement (Oisca). Lembaga yang didirikan dengan tujuan meningkatkan semangat dan budaya berkarya, khususnya pada masyarakat negara-negara berkembang ini, telah banyak membantu masyarakat Aceh pascagempa dan tsunami, 26 Desember 2004 lalu.

“Sebagian besar pengurus Oisca Aceh pernah belajar, dan menimba ilmu di Jepang. Ketika tsunami terjadi di Aceh, Oisca Internasional Jepang juga sangat banyak membantu masyarakat Aceh. Jadi, kita sudah siap diberangkatkan ke Jepang,” sebut Khaidir Abdurrahman, Ketua Umum Oisca Aceh, kepada Serambi, Minggu (13/3).

Hanya saja, kata Khaidir, pihaknya terkendala untuk jalur keberangkatan ke Jepang. “Jika Pemerintah Aceh, Pemerintah Indonesia, atau PMI dan lembaga lainnya mengirimkan relawan ke Jepang, kami harap kami diikutsertakan. Karena, lima relawan kami sudah siap untuk diberangkatkan,” sebut Khaidir yang juga Ketua Komisi C DPRK Aceh Utara.

Dia menambahkan, informasi yang diterima dari Jepang, tiga provinsi paling parah yang membutuhkan pertolongan segera yaitu Provinsi Miyagi, Iwata, dan Provinsi Fukushima di Jepang. “Di tiga provinsi itu semua lumpuh total. Itu data yang kami peroleh dari teman-teman Oisca di Jepang. Kami harap, jika pemerintah berangkat, relawan kami diikutsertakan,” pungkas Khaidir.(c46)

Publis Oleh Dimas Sambo on 02.33. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Alumni Oisca Aceh Siapkan Relawan ke Jepang"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added