MOST RECENT

|

Polisi Minta Hewan tak Dilepas di Musim Tanam


LHOKSUKON-Polisi di Kecamatan Lapang, Aceh Utara, mengeluarkan peringatan keras pada para pemilik ternak di kecamatan tersebut agar tak melepaskan hewan ternaknya di musim tanam. Imbauan itu disampaikan pada seluruh kepala desa, dan mukim di kecamatan tersebut. Hal iini dimaksudkan untuk menghindari terjadi konflik antarwarga di daerah tersebut. “Kami melarang hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, domba berkeliaran di musim tanam dan panen. Karena, selama ini, hewan ternak kerap memakan tanaman warga, sehingga menimbulkan konflik,” sebut Kapolres Aceh Utara, AKBP Farid BE, melalui Kapospol Lapang, Bripka Junaidi, kepada Serambi,Jumat (11/3).

Dia menyebutkan, hewan ternak wajib dikurung selama musim tanam sampai musim panen di daerah itu. “Kita sudah keluarkan larangan. Jadi, kita harap, seluruh masyarakat mengerti. Ini, untuk kebaikan sesama warga juga,” terang Junaidi. Dia menambahkan, jika ada warga yang membandel, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan kesepakatan antar warga. “Baru-baru ini ada kasus begitu, kemudian sanksinya kita sepakati, pemilik hewan ternak harus memberikan ganti rugi pada warga yang tanamannya dirusak. Nanti, besaran ganti rugi itu diperkirakan oleh tokoh adat, keuchik, dan alim ulama,” pungkas Junaidi.(c46)

Publis Oleh Dimas Sambo on 20.50. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Polisi Minta Hewan tak Dilepas di Musim Tanam"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added