MOST RECENT

|

Pipa Patah, Suplai Air PDAM Terhenti


LHOKSUKON - Pipa PDAM Tirta Mon Pase Aceh Utara di Desa Alue Mudem, Kecamatan Lhoksukon patah. Akibatnya, suplai air bersih untuk enam desa di kecamatan itu terhenti. Keenam desa tersebut adalah Desa Meunasah Dayah, Geumata, Tutong, Ranto, Alue Mudem, dan Desa Landing.

Amatan Serambi, Selasa (19/4) sekitar pukul 10.00 WIB warga Alue Mudem mengambil air bersih dari pipa PDAM yang patah itu. “Kami ambil air untuk mencuci pakaian dan air minum. Karena suplai air PDAM ke rumah kami macet,” ujar Siti Aisyah (35) warga setempat. Ia berharap PDAM segera memperbaiki pipa patah itu, sehingga suplai air besih ke ruma warga bisa lancar kembali.

Direktur PDAM Tirta Mon Pase, Zulfikar Rasyid, mengatakan pipa PDAM di kawasan itu patah karena dilindas alat berat milik Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Aceh yang sedang melakukan pelebaran jalan di daerah tersebut.

“BMCK Aceh mengirim surat kepada kami agar memindahkan pipa itu karena akan dilakukan pelebaran jalan, namun mereka tak menyediakan anggaran untuk hal itu. Kami tak bisa pindahkan pipa itu, karena kami juga tak punya anggaran untuk pemindahan pipa itu. Karena itu suplai air bersih ke kawasan itu terhenti sementara, karena pipa yang rusak itu sedang kita perbaiki,” ujar Zulfikar.

Ditambahkan, pihaknya mendukung pelebaran jalan, namun jangan sampai merusak aset PDAM Tirta Mon Pase. “Seharusnya, ketika merencanakan pelebaran jalan, dipikirkan juga tentang pipa PDAM. Kami sudah kirim surat ke BMCK Aceh agar sementara dihentikan dulu pembangunan jalan itu sampai pipa PDAM dipindahkan. Kami harap, anggaran pemindahan pipa dapat ditanggung oleh pihak BMCK Aceh,” harapnya.

Sementara Kepala Pengawas Lapangan Proyek Pelebaran Jalan BMCK Aceh, Fadrial, menyatakan diriya sudah menyampaikan kerusakan pipa PDAM itu ke Kadis BMCK Aceh. “Nanti, pak kadis yang akan ambil solusi terbaik untuk kerusakan pipa itu,” pungkasnya.(c46)

Publis Oleh Dimas Sambo on 21.15. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pipa Patah, Suplai Air PDAM Terhenti"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added