MOST RECENT

|

Duo Jagoan Catur dari Peurupok


CHAIRUL Hadi (11) dan Eka Saputri (11) tersenyum manis saat ditemui Serambi, Sabtu (17/9). Dua murid SDN 10 Syamtalira Aron di Desa Peurupok, Syamtalira Aron, Aceh Utara ini merupakan pemain catur terandal di Aceh Utara di kelompoknya. Warga Desa Mayang Baroh, Kecamatan Syamtalira Aron itu sejak berumur lima tahun gemar bermain catur. Keduanya belajar catur secara otodidak.

“Saya suka saja main catur. Setiap kali abang saya main catur, saya perhatikan. Lama-lama saya juga bisa sendiri. Bahkan, sekarang saya seringkali abang saya kalah main catur melawan saya,” ujar Chairul Hadi.

Minat kedua bocah itu belajar catur muncul dari ketertarikan warna hitam-putih bidak catur dan butuh keseriusan tingkat tinggi untuk bermain catur. “Karena itulah saya suka catur. Bermainnya santai, tapi serius,” sebut Eka Saputri.

Sejak tahun lalu sampai sekarang, kedua murid ini selalu mewakili sekolahnya dalam lomba catur baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Keduanya menoreh prestasi di semua level. Prestasi akademik dua anak ini pun terbilang baik. Keduanya selalu masuk dalam rangking sepuluh besar di kelasnya.


Dua bocah ini memiliki cita-cita berbeda. Chairul ingin menjadi grand master catur di Indonesia. Sedangkan Eka ingin menjadi polisi wanita (Polwan). Pada awalnya, orang tua murid itu memang melarang mereka bermain catur karena khawatir akan lupa belajar di rumah. “Tapi, setelah melihat perkembangan prestasi kami, orang tua sangat mendukung. Apalagi, prestasi belajar kami tidak terlalu anjlok,” ujar kedua anak ini.


Guru sekolah itu juga sangat mendukung hobi mereka. Keduanya telah membanggakan sekolah di tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi. Bahkan, keduanya bertekad suatu saat nanti menjadi generasi muda yang bisa membanggakan Peurupok, Aceh Utara. Semoga!
* masriadi sambo

Publis Oleh Dimas Sambo on 23.26. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Duo Jagoan Catur dari Peurupok"

Posting Komentar

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added